Loading

May 14, 2012

Hasil Hutan Non Kayu Ekstraktif


Hasil Hutan Non Kayu (HHNK) merupakan produk penting yang dihasilkan oleh hutan-hutan rakyat (LATIN, in prep_. Produksi HHNK juga bersifat menguntungkan lingkungan, karena pengambilan HHNK umumnya tidak merusak penutupan tajuk hutan, kebanyakan dipanen secara gardual-sedikit demi sedikit--, dan selalu dihasilkan dalam keanekaragaman bersama produk-produk pertanian dan kehutanan lainnya.

HHNK dihasilkan baik melalui pertanaman kebun-hutan campuran maupun ekstraksi dari hutan alam. Pada pola ekstraktifisme itu kini telah semakin menyusut, baik karena banyak komoditas HHNK yang telah berhasil dibudidayakan; adanya produksi bahan-bahan pengganti (substututes) maupun karena sumber-sumbernya di alam telah mulai menyusut. Penyusutan sumber-sumber di alam ini pada gilirannya telah meningkatkan biaya ektraksi, sehingga daya saing ekonominya pun menurun. Meskipun demikian, masih banyak komoditas HHNK penting yang belum berhasil atau masih sulit untuk dibudidayakan, padahal memiliki nilai ekonomi yang tidak bisa diabaikan, sehingga ekstraksi dari alam masih terus berlangsung. Contohnya adalah pengambilan gaharu, sarang burung walet, cendana dan berbagai bahan obat-obatan alami.
Di sisi lain, banyak pula komoditas HHNK ektraktif (HHNKE) yang memiliki nilai yang penting bagi subsistensi rumah tangga petani dan mungkin memberikan kontribusi yang tidak sedikit dalam ekonomi rumah tangganya. Adalah menarik untuk mengetahui pola-pola ekstraktifisme HHNK dan nilai pentingnya di dalam mendukung ekonomi petani, karena sekaligus mencerminkan pula akan nilai penting hutan secara ekonomi dan sosial bagi petani.
Untuk Lebih lengkapnya tentang Ebook Hasil Hutan Non Kayu Ekstraktif silahkan  Download pdf atau bisa juga Download Disini

0 komentar:

Post a Comment

Visitor

Followers